Pentagram

Merupakan salah satu simbol tertua di dunia. Telah digunakan lebih dari empat ribu tahun sebelum masehi. Menjelaskan arti dari Pentagram sebenarnya seperti mengatakan bagaimana sebuah lagu seharusnya mempengaruhi perasaan seseorang — dan itu berbeda bagi setiap orang. Simbol mengandung arti yang berbeda pada tempat yang berbeda.

Pada awalnya Pentagram adalah simbol religius untuk kaum Pagan. Tapi pada jaman sekarang ini kata Pagan telah hampir disamakan dengan pemujaan setan — salah konsep yang ngawur. Akar katanya adalah dari bahasa latin Paganus, artinya penduduk negri. “Kaum Pagan” secara harafiah berarti orang-orang desa yang tidak ter-indoktrinasi, yang berpegang teguh pada agama pedesaan tua yang menyembah alam. Kenyataannya, Gereja begitu takut akan orang-orang yang tinggal di pedesaan atau juga disebut villes, sehingga kata yang dulu sama sekali tak berbahaya yang artinya “penduduk desa”, yaitu villain, menjadi berarti jiwa jahat.

Pentagram tersebut, merupakan simbol dari jaman sebelum masehi, yang berkaitan dengan pemujaan alam. Para nenek moyang melihat dunia ini sebagai dua bagian — lelaki dan perempuan. Para dewa dan dewi mereka bekerja untuk menjaga keseimbangan kekuatan. Yin dan Yang. Ketika lelaki dan perempuan seimbang, muncul harmoni di dunia ini. Jika mereka tidak seimbang, muncul kekacauan. Pentagram juga mewakili bagian perempuan — sebuah konsep yang oleh para ahli sejarah religius disebut sebagai “perempuan suci” atau “dewi yang hebat”. Pada interpretasi yang khusus, pentagram menyimbolkan Venus — dewi sex, cinta, dan kecantikan perempuan.

Agama yang pertama berdasarkan pada tatanan suci alam. Dewi Venus dan planet Venus adalah satu dan sama. Dewi itu memiliki tempat di langit waktu malam, dan dikenal dengan banyak nama: Venus, Bintang Timur, Ishtar, Astarte — semuanya merupakan konsep perempuan yang kuat dengan ikatan kepada Alam dan Ibu Bumi. Planet Venus sendiri berjalan mengikuti alur pentagram yang sempurna menyeberangi langit eklip setiap delapan tahun. Para leluhur dahulu begitu terpesona menyelidiki fenomena ini, bahwa Venus dan pentagramnya menjadi simbol dari kesempurnaan, kecantikan, dan kualitas peredaran dari cinta seksual. Sebagai penghormatan pada kesaktian Venus, orang-orang Yunani menggunakan siklus delapan tahunnya itu untuk mengorganisasi olimpiade mereka. Sedikit saja orang yang tahu bahwa siklus empat tahuan olimpiade modern masih mengikuti setengah siklus Venus. Bahkan, lebih sedikit orang yang tahu bahwa bintang segi lima hampir telah menjadi segel resmi olimpiade namun dimodifikasi pada akhirnya — lima titiknya ditukar dengan lima lingkaran yang saling memotong untuk merefleksikan dengan lebih baik jiwa permainan, yaitu keterbukaan dan harmoni.

Saat ini, bintang berisi lima merupakan sebuah klise virtual dalam film-film pembunuhan berantai berlatar setan. Gambar bintang seperti itu biasanya dicoretkan pada dinding apartemen seorang pemuja setan bersama dengan simbol-simbol lain yang diduga bersifat setan. Sesungguhnya, simbol pentagram bersifat sangat ke-Tuhanan. Interpretasi pentagram sebagai simbol setan adalah salah secara historis. Makna feminimnya yang asli adalah benar, tetapi simbolisme pentagram telah dirusak selama lebih dari seribu tahun. Dalam kasus ini dirusak oleh coretan darah. Gerejalah yang mengubah arti sejati dari pentagram. Lebih tepatnya, Gereja Katolik Roma pada masa-masa awal. Sebagai bagian dari kampanye Vatikan untuk membasmi agama Pagan dan mengembalikan rakyat ke agama Kristen, Gereja mengadakan kampanye fitnahan melawan pemuja dewa dan dewi, menjadikan simbol-simbol ketuhanan pagan sebagai kejahatan. Hal seperti ini sangat biasa pada masa kekacauan. Sebuah kekuatan baru yang muncul akan mengambil alih simbol-simbol yang sudah ada dan merendahkannya secara berangsur-angsur dengan maksud menghapus arti simbol-simbol tersebut. Dalam peperangan antara simbol pagan dan kristen, pagan kalah; tombak bermata tiga milik Poseidon menjadi garpu setan, topi bijak yang meruncing ke atas menjadi simbol tukang sihir, dan pentagram Venus menjadi tanda setan. Lebih parah lagi, militer Amerika Serikat juga menyesatkan arti pentagram; sekarang simbol yang paling disukai untuk perang adalah Pentagram. Mereka memasangnya pada jet-jet tempur dan menggantungkannya pada bahu para jendral. Ini sangat keterlaluan bagi dewi cinta dan kecantikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s