7 Chakra Avatar Aang

Inilah kenapa saya suka film-film asing. Mereka selalu memiliki pesan-pesan yang dalam, bahkan dalam kisah Aang the Avatar: the Last Air Bender. Hal inilah yang jarang dimiliki film (apalagi sinetron) buatan Indonesia. Berikut adalah pesan yang terdapat pada salah satu serinya. Book two: Earth, Chapter 19: The Guru.

*

Dalam tahapan menguasai kebesaran Avatar, kamu harus membuka semua cakra. Cakra adalah kolam-kolam energi yang terkumpul di dalam tubuh. Kolam-kolam energi tersebut memiliki penghalang yang harus kamu buka agar dapat mengalir.

Ada tujuh cakra energi dalam tubuh kita dan setiap energi memiliki tujuan tersendiri dan dapat terbendung oleh sifat emosional tertentu. Untuk mencapai kebesaran Avatar, semua pembendung itu harus dibuka.

Inilah tujuh cakra tersebut:

  1. Cakra Bumi. Terletak di dasar tulang belakang. Dia disebabkan oleh kepercayaan. Terbendung oleh perasaan takut.
  2. Cakra Air. Cakra ini dibebaskan oleh tekanan dan dibendung oleh Cemooh. Kenyataan yang telah membuatmu menyalahkan dirimu telah terjadi. Tapi jangan membiarkannya menampar dan meracuni energimu. Jika kamu bisa berpikir positif, kamu akan bisa memaafkan dirimu sendiri.
  3. Cakra Api. Terletak pada lambung. Cakra ini adalah bagian dari perasaan. Terbendung oleh rasa malu. Apa yang membuatmu merasa malu? Apa kekecewaan di dalam jiwamu?
  4. Cakra keempat terletak di hati. Dia berurusan dengan cinta. Terbendung oleh duka cita. Lepaskan semua duka citamu. Kamu mungkin sangat kehilangan. Tapi cinta adalah energi yang sangat penting. Cinta yang berakhir bagimu, bukan berarti akhir dari energi ini. Dia masih tetap ada di dalam hatimu dan tumbuh kembali menjadi cinta baru. Biarkan kesedihan mengalir keluar.
  5. Cakra Suara. Terletak pada tenggorokan. Dia berurusan dengan kebenaran. Terbendung oleh kebohongan.
  6. Cakra Cahaya. Terletak di tengah-tengah dahi. Dia berurusan dengan batin. Terbendung oleh ilusi. Ilusi terhebat pada tingkat ini adalah ilusi dari perpecahan. Merasa sesuatu itu terpisah, namun sebenarnya adalah satu kesatuan. Bahkan keempat elemen yang terpisah (air, bumi, api, dan angin) adalah ilusi. Elemen tersebut adalah satu kesatuan.
  7. Cakra ketujuh adalah cakra terakhir. Jika cakra ini terbuka, kamu akan keluar menuju kebesaran Avatar dengan nyata. Dan saat berada di kebesaran Avatar, kamu bisa sepenuhnya mengendalikan semua tindakanmu.Cakra ini terletak di atas kepala. Dia berurusan dengan energi kosmis.  Terbendung oleh hal duniawi. Cara melepaskannya adalah mengacu pada air. Biarkan semuanya tersimpan, biarkan ia mengalir ke sungai, dan… lupakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s