Perang Dunia 2

Perang Dunia 2

**

Rusia melakukan kebijakan “Warm Water” dan pengen nguasai selat bosporus buat ngambil jalur minyak di balkan dan jg perdagangan di daerah afrika dan asia.

Jerman + Austria-hongaria jg pengen hal yg sama, tp banyak negara2x kecil2x rese2x antara Jerman dan selat bosporus. Salah satunya adalah Serbia.

Jerman yang industrinya dapat disamakan dengan inggris (negara terkaya didunia saat itu, thx to the Qing empire yang Guoooblok abizzz !!!) membutuhkan resource besar2xan, Selain ingin minyak di Balkan dan jalur perdagangan di Bosporus, dia juga butuh Bijih Besi dari Swedia, Finland dan Denmark.

Disaat yang sama inggris yang Policynya selalu berusaha unutk membuat balance of power, selalu menjadi oposisi negara terkuat di continental eropa dan dalam hal ini adalah jerman.

Terjadi perlombaan senjata antara Inggris dan Jerman, hal ini memicu perancis untuk melakukan hal serupa dan setelah itu Seluruh Eropa melakukan hal yang sama.

Inggris yang awalnya bersaing dengan perancis bersekutu dengan jerman, tetapi setelah jerman membangun kekuatan angkatan lautnya dan pembangunan industrinya yang mengancam hegemoni inggris, akhirnya inggris memilih untuk memihak perancis.

Perancis yg merasa terancam oleh Jerman (apalagi setelah kekalhaan perancis dalam Franco-Russian war 1870) mencari sekutu di timur (Rusia). Rusia yang membutuhkan daerah bosporus dan balkan dihalangin oleh Kerajaan Austro – Hungaria, Austro-Hungaria yang merasa terancam oleh rusia bersekutu dengan jerman.

Terbunuhnya Pengeran Franz Ferdinand, putra mahkota kerajaan Austro-Hungaria membuat mereka memiliki alasan untuk memaksa Serbia dan sekutunya dibalkan untuk bertanggung jawab.

Serbia melawan, Austria Hongaria menyatakan perang terhadap Serbia, Karena Jerman ada perjanjian pertahanan bersama. Jerman Jg turut menyatakan perang.

Serbia memiliki perjanjian pertahan dengan rusia, rusia menyatakan perang terhadap Jerman+Austria-Hongaria.

Perancis punya perjanjian kerja sama dengan Rusia dan menyatakan perang terhadap Jerman + Austria-Hongaria.

Inggris adalah pihak Netral, sedangkan Italia seharusnya bergabung dengan Jerman+Austria-hongaria tetapi memilih diam.

Rencana Jerman adalah untuk memukul mundur perancis dengan cepat sebelum tentara rusia sampai ke perbatasan Austria hongaria. Sedangkan Austria Hongaria berharap dapat menguasai balkan dengan cepat sebelum bersama2x jerman menyerang rusia.

Karena butuh mengalahkan perancis cepat, Jerman “terpaksa” harus melintas negara2x netral seperti Belanda dan Belgia.

Belanda dan Belgia memiliki perjanjian pertahanan dengan inggris dan akhirnya memaksa inggris menyatakan perang dengan Jerman +Austria – Hongaria.

Karena inggris menyatakan perang dgn Jerman + Austria maka Negara dominion inggris seperti India, New Zaeland dan Australia juga menyatakan perang.

Turki yang merasa terancam oleh manuver pasukan Rusia di Kaukasus menyatakan perang terhadap Rusia dan menyerang Sinai yang merupakan koloni inggris, hal ini membuat inggris menyatakan perang terhadap turki.

Italia memiliki perjanjian dengan jerman tetapi mempunyai masalah dengan Austria-Hongaria. Pada 1915 akhirnya mengadakan perjanjian dengan perancis dan menyatakna perang terhadap Jerman+Austria hongaria.

Amerika baru masuk perang setelah kapal trans-atlantik yang berbendera inggris HMS Lusitania ditorpedo U-Boat jerman yang menewaskan 128 US Citizen. Presiden Woodrow Wilson menyatakan perang terhadap Jerman+Austria-Hongaria.

Jerman memperhitungkan bahwa US hanya memiliki 800.000 prajurit siap tempur, mereka bahkan berusaha mengadakan perjanjian dengan Mexico dan Argentina untuk menyerang US dan berjanji akan mendukung Klaim Mexico atas Texas dan Missouri. Tetapi diluar perhitungan US dapat memobilisasi 4 juta prajurit dalam waktu singkat dan mengirim 10.000 prajurit ke perancis setiap harinya.

One thought on “Perang Dunia 2

  1. deny kusdiany

    yang jelas us mengebom eropa dari mulai jerman sampai prancis, memuntahklan uranium dan plutonium dari pesawat-pesawat tem[pur mereka yang menyebab kan kekalahan jerman dari amerika.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s