Ninja

Eits….jangan takut dulu. Ninja disini bukannya ninja-ninja yang buat heboh Indonesia beberapa tahun lalu tapi ini benar-benar ninja asli dari negeri asalnya,JEPANG. Nah buat kmu-kmu yang hobi mentengein anime jepang, jangan hanya asal lihat anime aja, tapi sekali-sekali boleh dong kamu tau ninja yang merupakan bagian dari sejarah jepang sendiri. Gini nich sejarah singkatnya….

Ninja dipercaya berasal dari daratan china (nah loh kok bisa dari sana ?) yang pada abad ke 6 dibawa ke jepang bersamaan dengan agama Budha ,tekhnik manusia super ini kemudian dikembangkan oleh Shoga no Umako dan Shoutoku Taishi. Mereka kemidian digunakan sebagai pasukan pencari informasi.

Menurut catatan, sekurangnya terdapat 49 kelompok ninja. Namun dari semuanya hanya terdapat dua clan yang paling terkenal : Ninja Iga dan Ninja Kouga, dengan wilayah kekuasaan mereka yang sangat stategis yaitu diantara Owari dan Mikawa. Ninja Iga berasal dari era heian,dikembangkan oleh keluarga Hattori dan Ninja Kouga berasal dari para samurai keluarga Kouga yang mempelajari ninjutsu pada era kamakura.Ninja pertama kali muncul pada perang Magari tahun 1487.Hingga jaman Edo ninja mengambil peran yang besar namun kemudian status social mereka menjadi rendah. Karena mereka sangat menjaga kerahasiaan clan mereka, sisa mereka sangat sulit ditelusuri dan meninggalkan misteri yang tidak pernah terungkap dengan jelas………..

The Rules …..

Jadi ninja gak asal bisa bela diri aja tapi mereka juga punya aturan main yang harus ditaati anggotanya. Ternyata jadi ninja tuh gak mudah coz mereka terikat peraturan seperti :

1. Ia tidak oleh menggunakan kemampuan dan kekuatannya untuk kepentingan pribadi terlebih

untuk kejahatan.

2. Ia harus merahasiakan identitas dirinya yang sesungguhnyadan tak boleh diketahui orang lain

bahwa ia seorang ninja.

3. Ia harus melaksanakan misinya dengan segala cara meski harus membuang harga diri,ego dan

rasa malunya.

4. Ia harus menjaga rahasia atau strategi ilmu ninja tak diketahui umum kalau perlu memper-

taruhkan nyawanya.

The Costume…..

Gak mungkin dong kalau seorang ninja berkeliaran kemana-mana pake seragamnya? Nah biasanya mereka tuh nyamar. Samaran yang biasa digunakan adalah :

1. Komuso/pendeta Zen, biasanya ninja menyembunyikan wajahnya dibalik topi jerami yg lebar.

2. pedagang.

3. samurai, ini samaran yang paling praktis dan aman. samaran ini membuat mereka bebas

berbaur dengan masyarakat.

4. Shukke/ pendeta Budha , samaran ini membuat mereka bebas mengintai tanpa dicurigai.

5. Sarukawa/Penari Noh.

Semua samaran itu disebut Shichihode.Untuk melengkapi samaran mereka, para ninja harus bisa bermain alat musik, membaca kitab Budha, memahami berbagai ritual keagamaan, dan menguasai berbagai beragam dialek daerah.

The Weapons….

Selain pedang, ninja juga terkenal dengan senjatanya, diantaranya…..

a. Shuiriken/senjata rahasia, cocok disebut pisau terbang,ada 4 macam bentuk shuiriken yaitu batang, pipih, silang dan pipih dengan 2 lapisan.berat shuiriken antara 37,5-120g, bisa mematikan musuh dari jarak 3-9 m.

b. Mizugomo/laba-laba air, digunakan untuk membantu mereka menyebrangi sungai, terdiri dari 4 potongan kayu yang disatukan menjadi bentuk lingkaran dengan pijakan ditengahnya.

c. Nawa Bashigo /tangga tali digunakan untuk memanjat.

d. Geta/sepatu kayu, bagian dari mizugomo digunakan untuk membantu bergerak lebih cepat di atas air.

e. Shinobi kumade/cakar besi, digunakan sebagai senjata yang melekat pada bamboo atau dilontarkan pada cakarnya saja.

f. Kunai/ penggali tanah, berupa pisau pendek untuk menggali tanah atau membantu bergerak di dalam tanah.

g. Shinobi Gatana/ Pedang pendek. Bentuknya tebal dan berat dengan panjang hanya 60 cm, biasanya digunakan untuk menusuk lawan atau sebagai pijakan saat memanjat, sedangkan sarungnya bisa digunakan sebagai tabung

The Legend

1. Hanzou Hattori

Ia adalah yang pertama dari 3 ninja Iga terhebat. Saat peristiwa Hannouji Temple, ia mengamankan Ieyasu Tokunaga ke kuil Okazaki. Karenanya namanya sangat terkenal, bahkan diambil menjadi nama tempat ( Hanzoumon The Imperial Palace )

2. Sandayu Momochi

Yang ke 2 dari 3 ninja Iga. Ia membawa ratusan ninja lainnya. Saat perang Tensho Iga terjadi, momochi menghilang dan tak pernah ditemukan lagi.

3. Nagatonokami Hujibayashi

Yang ke 3 dari ninja Iga.

4. Kotaro Fuma

Anggota ke 4 dari keluarga Fuma yang dikenal cerdik. Pernah membuat bingung para lawannya, dengan melakukan serangan malam saat berperanng melawan Katsuyori Takeda.

5. Goemon Ishikawa

Murid dari Sandayu Momochi, yang terkenal karena pernah mencoba membunuh Hideyoshi Toyotomi. Namun gagal dan dihukum mati di tepi Sungai Kyoto Sanjo.

6. Yoshitsune Minamotono

Terkenal karena pernah melakukan aksi meloncat dari kapal ke kapal pada perang Dannoura. Ia juga membuta hipotesis kalau Genghis Khan pun sebenarnya seorang ninja.

7. Bashou Matsuo

Saat berusia 40 tahun, ia menempuh jarak Edo-Touhoku dalam waktu hanya 150 hari, dengan berjalan kaki.

The Technique…..

Selain jago bertarung, ada berbagai teknik yang harus dikuasai oleh para ninja,yaitu….

Uzuragakure, saat nyaris kepergok oleh musuh pada malam hari, mereka harus bertiarap dan serata mungkin dengan tanah, serta menahan nafas(selambat mungkin).

Kannongakure,jika kepergok musuh siang harimaka ia harus melakukan dua cara,berpura-pura jadi orang gila atau bersembunyi hingga tak terlihat.

Kunoichi, karakter ini cocok untuk ninja wanita misalnya ia harus menyusup ke markas musuh dengan menjadi pembantu.

Inchuyou,saat kehadirannya di curigai mereka akan berpura-pura menjadi anjing atau kucing dengan menirukan bunyinya.

Nah gimana? Menarikkan artikel mengenai ninja but kamu-kamu jangan tertarik jadi ninja coz itu tuh sangat bebahaya bagi kamu. Tapi untuk sekedar tahu sejarahnya oke juga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s