Planet

Planet-planet mewakili sumber beberapa jenis energi istimewa yang ada di dalam kita semua. Mars merupakan asal energi agresif, sedangkan Venus adalah sumber dari asmara dan kenyamanan, dsb. Perlu diingat, tidak terdapat energi “baik” atau energi “buruk”, ataupun planet yang “baik” dan planet yang “buruk”. Lebih jauh lagi, planet-planet tidak “melakukan” apapun. Kitalah yang bertindak. Planet-planet hanya mewakili bagian dari diri kita yang melangkah ke depan saat kita ingin memenuhi suatu kebutuhan atau dorongan tertentu.
Kata planet berasal dari bahasa Yunani planetes, yang berarti pengelana. Energi-energi psikis yang mereka lambangkan, perputarannya di tata surya, dan sudut-sudut yang mereka bentuk satu sama lainnya merupakan “alat” yang paling dasar bagi seorang astrolog. Meskipun secara teknis terdapat sembilan planet dalam tata surya kita, sudah menjadi kesepakatan dalam astrologi untuk menganggap Matahari dan Bulan sebagai planet, dan berpedoman pada Bumi sebagai pusat alam semesta. Maka dari itu, dalam astrologi ada sepuluh planet yang seolah-olah bergerak mengelilingi bumi: Matahari, Bulan, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Masing-masing planet memiliki simbol tersendiri untuk menunjukkan posisinya dalam bagan astrologi, sehingga para astrolog tidak harus menuliskan namanya secara lengkap.

MATAHARI
Sebagaimana Matahari merupakan sumber kehangatan di pusat tata surya, Matahari dalam peta kelahiran adalah sumber energi dasar dalam hidup anda. Ia melambangkan ego dan aspek-aspek paling dasar dari jati diri anda, serta vitalitas dan daya tahan anda terhadap penyakit. Tanda zodiak Matahari pada saat kelahiran anda (yang biasanya disebut “bintang” anda) menunjukkan bagaimana keinginan anda untuk “bersinar”, apa yang anda ingin dikagumi dan dihargai dari diri anda, dan apa yang anda butuhkan dalam kehidupan agar dapat merasa bangga pada diri sendiri dan benar-benar “hidup”. Meskipun setiap planet memiliki keistimewaan tersendiri, semuanya seakan-akan “menerima perintah” dari Matahari. Matahari memiliki suatu kaitan alami dengan tanda zodiak Leo dan Rumah ke-5. Ia memerlukan waktu satu tahun untuk melintasi satu putaran penuh dalam zodiak, dan melintasi masing-masing tanda dalam jangka sekitar satu bulan.

BULAN
Bulan adalah kunci sikap emosional kita, termasuk suasana hati dan perasaan. Ia mewakili apa yang kita butuhkan baik dalam bentuk dukungan dan keamanan maupun gaya kita dalam memberi pengasuhan kepada orang lain. Bulan juga merupakan simbol dari rumah kita, baik lingkungan emosional tempat kita tumbuh saat kecil maupun lingkungan emosional yang ingin kita ciptakan dalam tempat tinggal kita sendiri. Posisinya pada saat anda lahir dapat menunjukkan beberapa hal yang penting tentang hubungan anda dengan orang tua anda, khususnya ibu anda. Bulan memiliki suatu hubungan alami dengan tanda zodiak Cancer dan Rumah ke-4. Diperlukan sedikit lebih banyak daripada 27 hari untuk mengelilingi zodiak, yaitu sekitar 2 hari dalam setiap tanda.

MERKURIUS
Merkurius adalah simbol utama dari intelektualitas kita. Posisinya dalam peta kelahiran menunjukkan cara berpikir kita, gaya kita dalam berkomunikasi, dan bagaimana kita mengekspresikan (atau tidak mengekspresikan) ide-ide kita. Merkurius melambangkan cara kita belajar dan jenis informasi yang cenderung menarik perhatian kita. Ia juga mewakili seluruh aktivitas mental otomatis yang memungkinkan kita untuk berjalan, berbicara, memahami kata-kata dan simbol-simbol, menjawab telepon, dan menangani hal-hal yang lain dalam rutinitas sehari-hari kita. Merkurius memiliki hubungan alami dengan Gemini dan Virgo serta Rumah ke-3 dan Rumah ke-6. Merkurius terletak sangat dekat dengan Matahari, sehingga ia melintasi semua tanda zodiak dalam waktu sekitar satu tahun.

VENUS
Venus adalah planet asmara, keindahan dan kenikmatan. Posisi Venus dalam peta kelahiran kita menunjukkan tipe-tipe orang yang menarik bagi kita dalam hubungan intim dan persahabatan, maupun bagaimana kita mengungkapkan kasih sayang kepada mereka. Venus juga mewakili cara kita dalam mengekspresikan bakat artistik, jenis benda yang kita anggap menarik, dan jenis-jenis kegiatan yang bakal menjadi sumber kenikmatan bagi kita. Venus berhubungan dengan tanda Taurus dan Libra, serta Rumah ke-2 dan Rumah ke-7. Ia tidak pernah berada terlalu jauh dari Matahari, maka perputarannya melalui zodiak memakan waktu sekitar 1 tahun.

MARS
Mars melambangkan kebutuhan kita untuk menyatakan diri sebagai suatu individu. Kedudukan Mars dalam zodiak menunjukkan gaya kita bertindak untuk meraih apa yang kita inginkan maupun bagaimana kita menunjukkan kemarahan bila keinginan kita dihalangi oleh sesuatu atau seseorang. Mars menunjukkan lapangan dimana kita suka melakukan segala sesuatu dengan cara kita sendiri tanpa disetir oleh orang lain, serta bagaimana kompetitifnya kita. Ia merupakan suatu indikator yang penting pula bagi kebutuhan seksual kita, baik dalam apa yang kita inginkan dari pasangan kita maupun bagaimana kita mengungkapkan seksualitas kita sendiri bila sedang bercinta. Mars memiliki kaitan alami dengan tanda zodiak Aries dan Rumah 1. Ia memerlukan hampir dua tahun untuk melintasi seluruh tanda, yaitu kira-kira 8 minggu dalam setiap tanda.

JUPITER
Jupiter mewakili dorongan kita untuk berkembang dan memperluas kesadaran kita akan diri pribadi dan dunia tempat kita hidup, entah melalui pendidikan, agama, ataupun perjalanan. Ia juga melambangkan prinsip-prinsip moral paling utama yang membimbing kita dalam kegiatan-kegiatan semacam ini. Letak Jupiter dalam peta kelahiran menunjukkan bagaimana terbukanya kita terhadap kesempatan-kesempatan baru dan pandangan-pandangan orang lain, maupun bidang-bidang kehidupan dimana kita cenderung bersikap berlebihan. Jupiter memiliki hubungan alami dengan Sagitarius dan Rumah ke-9. Diperlukan kira-kira 12 tahun untuk mengelilingi zodiak, yaitu sekitar satu tahun dalam setiap tanda.

SATURNUS
Saturnus melambangkan kapasitas kita untuk bersikap disiplin dan sabar, di samping bidang-bidang kehidupan dimana kita harus menanggung tanggung jawab yang terbesar. Saturnus juga melambangkan rasa tidak aman yang harus kita atasi melalui kerja keras untuk meraih kebijaksanaan dan kedewasaan dalam hidup. Kedudukannya dalam peta kelahiran menunjukkan dimana kita telah mengalami keterbatasan yang terbesar saat masih kanak-kanak sehingga kemudian menjadi bidang kehidupan yang paling kita inginkan keberhasilannya saat kita dewasa. Saturnus memiliki kaitan alami dengan tanda Capricorn dan Rumah ke-10. Ia mengelilingi zodiak dalam 29,5 tahun, dan menghabiskan sekitar 2,5 tahun dalam setiap tanda.

URANUS
Uranus adalah planet kebebasan, orisinalitas, dan pemberontakan. Posisinya dalam peta kelahiran menunjukkan aspek-aspek kepribadian kita yang tidak dapat diduga atau area hidup tempat kita menolak “aturan-aturan” yang telah ditentukan oleh orang lain. Uranus juga menunjukkan bidang-bidang kehidupan dimana kita mungkin mengalami hal-hal tak yang terduga sehingga kita terguncang dan merasa tertantang untuk melepaskan cara kita yang sudah tak berguna untuk menerima perubahan dan perkembangan. Dorongan-dorongan yang dilambangkan oleh Uranus mempunyai kaitan alami dengan tanda zodiak Aquarius dan Rumah ke-11. Uranus memerlukan sekitar 84 tahun untuk satu kali mengelilingi zodiak, dan kira-kira 7 tahun untuk melintasi satu tanda.

NEPTUNUS
Neptunus melambangkan hasrat kita untuk bergabung dengan suatu kekuatan yang lebih besar agar dapat merasakan keindahan dan kasih sayang yang tak terbatas. Letaknya dalam peta kelahiran menunjukkan bagian-bagian hidup dimana kita cenderung untuk mencari puncak-puncak pengalaman tersebut. Kita sering terbawa angan-angan atau fantasi mengenai bagian-bagian kehidupan tersebut, sehingga terkadang sulit untuk memisahkan apa yang nyata dengan apa yang hanya kita impikan. Neptunus dapat pula menunjukkan dimana kita harus melayani orang lain secara ikhlas atau mengorbankan keinginan pribadi agar dapat belajar lebih banyak tentang kehidupan. Neptunus memiliki hubungan alami dengan Pisces dan Rumah ke-12. Diperlukan sekitar 165 tahun untuk mengelilingi zodiak, sehingga menghabiskan sekitar 14 tahun dalam setiap tanda.

PLUTO
Pluto adalah planet transformasi dan kekuatan-kekuatan yang menyebabkan perubahan yang mendasar. Letak Pluto dalam peta kelahiran menunjukkan bidang kehidupan dimana kita akan mengalami perubahan-perubahan besar — bahkan bencana — dari waktu ke waktu. Pluto juga menunjukkan kemampuan kita untuk menggunakan dan menangani kekuasaan saat kita memilikinya, di samping bidang kehidupan dimana kita akan mengalami suatu dorongan yang besar untuk berkuasa. Pluto mempunyai kaitan alami dengan Scorpio dan Rumah ke-8. Ia memerlukan kira-kira 248 tahun untuk melintasi seluruh zodiak dan menghabiskan antara 12 dan 31 tahun dalam masing-masing tanda.

One thought on “Planet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s