Elemen Zodiak

Setiap tanda zodiak terdiri dari satu unsur, satu azas dan satu jenis. Ketiga katagori tersebut bergabung untuk menggambarkan motivasi dari tanda-tanda yang ada — yaitu, apa yang “diinginkan” suatu tanda dalam hal pengalaman dan mengapa ia menginginkannya.
Unsur (api, tanah, udara dan air) mewakili tujuan utama dari suatu tanda, jenis-jenis situasi yang merupakan “spesialisasinya”, dan salah satu dari keempat tingkat eksistensi kehidupan: rohaniah, jasmaniah, intelektual atau emosional. Azas (utama, tetap, dan ubah-ubah) menunjukkan modus operandi yang dimiliki suatu tanda, yaitu, gaya energinya secara garis besar. Jenis (maskulin dan feminin) menunjukkan apakah suatu tanda lebih suka mengejar pengalaman atau malahan menariknya.
Diagram dibawah menunjukkan tanda mana yang termasuk dalam suatu unsur, azas dan jenis. Katagori-katagori tersebut dijelaskan dibawah dengan lebih mendetail.

Unsur
Masing-masing dari keempat unsur menggambarkan sifat utama dan motivasi dasar dari tiga tanda yang termasuk dalam kelompoknya.

API – Aries, Leo, Sagitarius
Api bersifat tak dapat ditahan, bersemangat, antusias, spontan dan hangat. Tanda-tanda Api bersifat kreatif, ekspresif dan berani. Mereka tidak takut untuk bertindak secara impulsif atau menanggung resiko untuk meraih suatu kesempatan. Mereka termasuk dinamis, enerjik dan penuh percaya diri. Tanda-tanda ini tertarik pada situasi yang menggairahkan, yang dapat membuat mereka merasa bebas dan benar-benar hidup. Api mewakili tingkat spiritual dan inspirasional dalam kehidupan.

TANAH – Taurus, Virgo, Capricorn
Tanda-tanda Tanah bersifat teguh dan dapat diandalkan, seperti Bumi sendiri. Mereka termasuk praktis, realistis, cermat dan konservatif. Mereka mengutamakan hal-hal yang nyata, persoalan yang dihadapi, dan keadaan tubuhnya sendiri. Tanah tertarik pada situasi yang tampak mantap dan aman. Mereka mewakili tingkat jasmaniah dalam kehidupan, serta tugas-tugas dan tanggungjawab yang berhubungan dengannya.

UDARA – Gemini, Libra, Aquarius
Tanda-tanda ini berhubungan dengan kata-kata, komunikasi dan sisi intelektual dalam kehidupan. Mereka bersifat logis, obyektif dan menjunjung kesederajatan. Tanda Udara butuh sekali berbaur, berkomunikasi, berbicara dan bertukar gagasan dengan orang lain. Mereka lebih suka menjajaki situasi daripada menjalaninya.

AIR – Cancer, Scorpio, Pisces
Air melambangkan sisi emosional dari kehidupan. Tanda-tanda ini menanggapi segala hal dengan insting, intuisi dan perasaan mereka daripada dengan pikiran. Tindakan mereka lebih sering berdasarkan “rasa” suatu situasi daripada pertimbangan praktis atau logis. Air selalu mencari keamanan emosional dan ingin merasakan suatu hubungan batin dengan orang lain.

Azas
Cara kedua pembagian tanda adalah melalui azas. Azas menunjukkan aliran energi yang dimiliki suatu tanda dan menggambarkan cara kerja utama tanda tersebut, yaitu, apakah tanda itu cenderung memimpin, mengikuti atau menyesuaikan diri bila dihadapkan pada situasi baru.

UTAMA – Aries, Cancer, Libra, Capricorn
Tanda-tanda utama adalah penunjuk. Mereka memberikan gagasan dan energi untuk memulai proyek-proyek baru, tetapi mereka tidak selalu sedemikian pandai dalam menyelesaikan apa yang mereka mulai. Tanda utama belajar melalui pengalaman, yaitu dengan melakukan sesuatu secara pribadi.

TETAP – Taurus, Leo, Scorpio, Aquarius
Bila tanda utama berbakat dalam memulai suatu proyek, tanda tetap lebih pandai dalam melaksanakannya hingga tercapai suatu hasil yang meyakinkan. Tanda-tanda ini bertekad keras, bahkan dapat bersifat keras kepala; mereka tidak suka berubah kecuali atas kehendak mereka sendiri. Mereka lebih suka bertahan hingga akhir dalam situasi yang telah mereka pilih daripada meninggalkan sesuatu belum terselesaikan.

UBAH-UBAH – Gemini, Virgo, Sagitarius, Pisces
Tanda ini fleksibel dan memiliki berbagai bakat. Mereka beradaptasi dengan mudah bila dihadapkan pada suasana baru. Perhatian mereka juga sangat mudah beralih karena mereka menggemari variasi dan sering tertarik pada beberapa hal sekaligus.

Jenis
Cara terakhir untuk membagi tanda adalah melalui jenis. Ingatlah bahwa “maskulin” dan “feminin” tidak sama dengan “jantan” dan “betina”. Anda tidak harus menjadi seorang laki-laki agar menjadi maskulin, dan anda tidak harus menjadi seorang wanita untuk memperlihatkan suatu sifat yang tergolong feminin. Hal ini hanya mengacu pada gaya dari energi yang diekspresikan oleh tanda-tanda zodiak tertentu.

MASKULIN
Tanda maskulin adalah tanda api dan udara, yaitu Aries, Gemini, Leo, Libra, Sagitarius, dan Aquarius. Mereka termasuk ekstrovert dan agresif, yaitu berani mengejar apa yang mereka inginkan, mengutarakan pikiran mereka dan lebih suka menyerang daripada bertahan bila dihadapkan pada situasi yang penuh tantangan.

FEMININ
Tanda feminin adalah tanda tanah dan air, yaitu Taurus, Cancer, Virgo, Scorpio, Capricorn, dan Pisces. Tanda-tanda tersebut termasuk pasif dan lebih suka menarik apa yang mereka inginkan daripada mengejarnya. Mereka menunggu dan melihat apa yang akan terjadi bila dihadapkan pada situasi baru.

One thought on “Elemen Zodiak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s