Astrology

Seperti yang telah digambarkan dalam pelajaran sebelumnya pada peta kelahiran, planet-planet mewakili dorongan atau kebutuhan tertentu yang dimiliki kita semua sebagai manusia. Tanda zodiak dari suatu planet pada saat kita lahir menunjukkan bagaimana kita akan mengekspresikan dorongan atau kebutuhan yang diwakili oleh planet tersebut. Sebagai contoh, Bulan mewakili perasaan-perasaan kita. Tanda Bulan menggambarkan kecenderungan kita dalam mengekspresikan perasaan itu.
Tanda zodiak dari suatu planet ibarat busana yang dikenakannya selama ia melintasi tanda tersebut. Beberapa tanda sangat serasi dengan planet-planet tertentu, dan ini memungkinkan planet-planet tersebut mengekspresikan dirinya dengan mudah dan nyaman. Tanda-tanda yang lain mungkin membuat planet-planet yang sama merasa tidak nyaman, seakan-akan mereka mengenakan daster dalam jamuan makan resmi. Planet-planet dalam keadaan seperti ini akan mengalami lebih banyak kesulitan dalam mengekspresikan secara efektif dorongan dan kebutuhan yang mereka wakili. Setiap planet memiliki paling tidak satu tanda (beberapa memiliki dua) yang membuatnya “merasa nyaman” dan memudahkannya dalam berfungsi. Dalam terminologi astrologi, tanda tersebut dikuasai oleh planet itu.
Perlu diingat bahwa penjelasan tanda zodiak di bawah hanyalah secara umum, yaitu untuk menggambarkan karakteristik umum dari planet mana saja yang terdapat dalam suatu tanda. Jika anda ingin membaca gambaran dari tanda Matahari dalam peta kelahiran anda (yaitu, “bintang” anda), klik di sini.

ARIES
Aries merupakan tanda yang paling impulsif, yang bergerak paling cepat dari tanda yang lain. Ia menginginkan apa yang diinginkannya pada saat itu juga. Aries mengubah suatu planet menjadi peluru berwarna merah yang menembak terlebih dahulu sebelum memikirkan akibatnya. Planet-planet dalam tanda Aries memikirkan dirinya sendiri dan hanya dirinya sendiri. Mereka suka bersaing, tidak mau menyerah pada tantangan, dan tak pernah punya waktu untuk bersikap curang. Mereka mengidamkan konflik dan tantangan yang justru menggairahkan mereka. Mereka memiliki semangat yang dibutuhkan untuk menjadi penggerak dan pelopor yang piawai, akan tetapi mereka tidak selalu sedemikian pandai dalam menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Karena setiap tanda juga melambangkan suatu bagian dari tubuh kita, tanda Aries melambangkan kepala dan wajah. Ia dikuasai oleh planet Mars.

TAURUS
Berlawanan dengan Aries yang cepat, gegabah, dan spontan, Taurus memiliki sifat yang sabar, kokoh, dan berhati-hati. Planet-planet dalam tanda ini hanya menghargai hasil praktis yang dapat mereka rasakan dengan kelima indera. Ide-ide abstrak tidak akan mempunyai nilai bagi tanda ini. Taurus adalah yang paling sensual dari semua tanda zodiak, sehingga planet-planet dalam tanda ini selalu mencari apa yang terasa dan terlihat paling enak. Meskipun mereka terkadang bertindak perlahan-lahan, tetapi mereka gigih dan cermat dan dapat mengerjakan suatu tugas hingga selesai — asalkan mereka memiliki semangat untuk memulainya! Planet-planet dalam Taurus selalu penuh perhitungan, dan menghargai stabilitas dan keamanan. Taurus mewakili leher, tenggorokan dan pita suara, selain makanan yang kita telan. Tanda ini dikuasai oleh planet Venus.

GEMINI
Planet-planet dalam Gemini selalu membutuhkan variasi agar tidak menjadi bosan. Bila Taurus menghargai hasil nyata, Gemini menuntut rangsangan mental. Planet-planet dalam tanda ini resah, cerdas, dan memiliki berbagai bakat. Mereka tidak pernah membosankan. Walaupun demikian, mereka sangat mudah dialihkan perhatiannya, dan lebih tertarik dalam menjelajahi banyak ide daripada membenamkan diri dalam satu masalah saja. Hal tersebut menuntut terlalu banyak kesabaran, ketepatan dan ketabahan — sifat-sifat yang tidak dimiliki oleh Gemini. Karena Gemini adalah tanda dari si kembar, dalam tubuh kita melambangkan pasangan pula — mata, telinga, paru-paru, tangan, kaki, dll. Gemini juga berkaitan dengan sistem syaraf otomatis, dan bagian-bagian tubuh yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Gemini dikuasai oleh planet Merkurius.

CANCER
Planet-planet dalam tanda Cancer mengekspresikan diri mereka melalui perasaan. Masa lalu penting bagi mereka, juga keamanan dan stabilitas (seperti planet-planet dalam Taurus). Pengasuhan dan kasih sayang adalah hal yang utama bagi planet-planet dalam Cancer, entah mereka sebagai pemberi atau penerima. Tanda ini menuntut suasana kekeluargaan yang “aman” dimana mereka dapat mengungkapkan perasaan mereka dengan bebas. Cancer mewakili payudara, rahim dan perut, tempat-tempat dimana kita memberikan pengasuhan secara fisik dan emosional kepada diri kita sendiri dan kepada orang yang kita cintai. Cancer dikuasai oleh Bulan, simbol dari Ibu kita.

LEO
Leo adalah tanda dari drama dan kreativitas. Planet-planet dalam tanda ini menginginkan perhatian dan tempat dimana mereka dapat memamerkan kemampuan mereka. Mereka ingin bermain, menikmati hidup, dan menghibur orang lain dengan pertunjukan mereka. Mereka bangga, menginginkan segala yang terbaik dalam hidup, dan tidak suka diremehkan. Mereka enerjik pula, tetapi tidak seperti planet-planet dalam Aries, mereka lebih rajin dalam menyelesaikan apa yang mereka awali. Sebagai anggota tubuh, Leo mewakili jantung serta punggung dan tulang punggung. Sebagaimana Leo selalu ingin menjadi pusat perhatian, tanda ini dikuasai oleh Matahari, pusat tata surya kita.

VIRGO
Seperti Gemini, Virgo dikuasai oleh Merkurius. Akan tetapi, bila Gemini menerima informasi dengan tanpa membeda-bedakan dan menganggap setiap fakta sepenting yang lainnya, maka Virgo terdorong untuk membeda-bedakan apa yang penting dan apa yang tidak. Planet-planet dalam Virgo sangat pemilih tentang apa yang akan mereka urusi karena mereka paham bahwa tidak semua hal membutuhkan perhatian mereka. Sama dengan Taurus, mereka mengutamakan hasil-hasil praktis. Mereka sangat pandai dalam memperhatikan kesalahan dan detil-detil kecil yang tanda lain tidak akan melihatnya, sehingga mereka dapat membenahi, memperluas, memperbaiki atau mengembangkannya. Virgo menguasai usus kita, bagian tubuh yang menganalisa apa yang telah kita telan dan memisahkan antara apa yang harus disimpan dan apa yang harus dibuang.

LIBRA
Keseimbangan dan keselarasan adalah prioritas bagi planet-planet dalam Libra. Mereka mengekspresikan diri mereka secara intelektual, dan pandai dalam menimbang kedua sisi suatu masalah untuk menemukan jalan tengahnya. Dikarenakan Libra adalah tanda dari segala macam hubungan, planet-planet dalam tanda ini perlu bekerja dengan orang lain agar menjadi lebih efektif. Mereka dapat bersikap sangat mempesona dan mengetahui dengan tepat apa yang harus dikatakan atau dilakukan untuk menyenangkan orang lain. Mereka terdorong untuk berbagi dan bekerja sama, serta berfungsi sebagai bagian dari suatu hubungan. Dalam tubuh, Libra mewakili ginjal dan kelenjar adrenalin, serta organ-organ lain yang membuat tubuh tetap seimbang. Libra dikuasai oleh planet Venus.

SCORPIO
Scorpio adalah tanda bagi perasaan seperti halnya Cancer, akan tetapi jauh lebih kuat dan jauh lebih tajam. Planet-planet dalam tanda ini cenderung “merasakan” segala sesuatu daripada mempelajarinya secara intelektual, dan “rasa” tersebut tentu melekat pada dirinya secara mendalam dan permanen. Sangat perseptif dan teramat gigih, planet-planet dalam Scorpio tidak tertarik pada jawaban-jawaban yang dangkal. Mereka dapat bersikap obsesif dan tidak akan setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. Mereka akan menganalisa suatu hal secara mendalam untuk benar-benar memahami akar masalahnya. Tanda Scorpio juga menjadikan suatu planet sebagai ahli strategi; setiap tindakan akan dipertimbangkannya secara matang terlebih dahulu untuk menentukan kemungkinan berhasil-tidaknya, serta cara yang paling tepat untuk melaksanakannya. Keintiman sejati adalah suatu prioritas bagi Scorpio, di samping kekuasan — entah itu kekuasaan atas diri sendiri atau lingkungannya. Scorpio melambangkan organ reproduksi dan seksual, serta organ-organ pengeluaran. Tanda ini dikuasai oleh Pluto, planet yang paling jauh dari pusat tata surya kita.
SAGITARIUS
Sagitarius mewakili konsep perluasan, maka planet-planet dalam tanda ini suka melakukan segala sesuatu dalam skala yang besar. Mereka menganut prinsip bila satu adalah baik dan dua adalah lebih baik lagi, maka sepuluh seharusnya menghasilkan yang terbaik (walau sebenarnya belum tentu demikian). Sagitarius bersifat idealis (terkadang terlalu idealis), optimis, enerjik dan impulsif. Tanda ini juga menuntut banyak rangsangan intelektual dan selalu lapar akan pengetahuan, entah itu diperolehnya melalui ilmu, perjalanan, atau eksperimen. Ia juga suka menyebarkan apa yang telah dipelajarinya. Keistimewaan Sagitarius yang paling utama adalah kemampuan untuk tertawa dan melihat segi positif dari segala hal. Sagitarius mewakili bagian paha dalam tubuh kita dan dikuasai oleh Jupiter.

CAPRICORN
Planet-planet dalam Capricorn ingin membangun sesuatu yang kokoh dan abadi. Mereka berbakat dalam menentukan batas-batas yang nyata dan melaksanakan suatu rencana dalam batasan tersebut. Mereka suka mengambil kendali, membuat peraturan dan memastikan bahwa peraturan tersebut ditaati. Tradisi dan stabilitas sangat penting bagi Capricorn, di samping status di mata masyarakat. Planet-planet yang ada di dalam tanda ini sanggup bekerja amat keras sehingga perlahan-lahan mendaki puncak tertinggi. Meskipun demikian, mereka juga dapat bersikap pesimistis dan terkadang melihat adanya halangan padahal sebenarnya tidak. Oleh karena menjadi pemimpin merupakan hal yang sangat penting bagi tanda ini, terkadang planet-planet dalam Capricorn tidak mengijinkan diri mereka sendiri untuk menunjukkan perasaan sama sekali. Dukungan yang tulus sangatlah penting bagi mereka. Karena tanda ini berkaitan dengan struktur dari segala hal, maka bagian tubuh yang dilambangkan Capricorn adalah kerangka dan kulit. Tanda ini dikuasai oleh Saturnus.

AQUARIUS
Sebanyak Capricorn menyukai aturan dan tradisi, Aquarius menyukai kebebasan dan perubahan. Planet yang termasuk di dalamya justru merasa bangga untuk dapat tampak unik, orisinil dan lain dari yang lain. Mereka tidak suka melakukan sesuatu menurut cara lama yang membosankan. Kapan saja suatu planet dalam tanda ini mulai merasa “sesak”, ia akan mengubah arah — bahkan pada saat anda tidak menduganya. Rangsangan mental sangat penting bagi planet-planet ini, dan mereka menuntut banyak variasi. Kesederajatan, demokrasi dan persahabatan juga adalah prioritas. Di dalam tubuh kita, Aquarius melambangkan sistem peredaran darah, betis dan pergelangan kaki. Tanda ini dikuasai oleh Uranus, simbol dari modernisasi dan perubahan.

PISCES
Planet-planet dalam Pisces ibarat spons: mereka menyerap informasi tanpa berpikir daripada memprosesnya secara intelektual. Sementara Capricorn ingin menentukan batasan-batasan, Pisces justru “melarutkan” segala batasan. Planet-planet yang ada di dalam tanda ini merasakan segala sesuatu, baik atau buruk, sebagai bagian dari diri mereka sendiri. Oleh karena itu, rasa iba mereka sangat mudah timbul, bahkan sampai mereka rela mengorbankan kepentingan sendiri demi kebutuhan orang lain. Pisces mengidamkan keindahan dan cinta kasih yang tak terbatas. Bila hal-hal ini tidak dapat ditemukan dalam dunia nyata, Pisces terkadang mencarinya dalam fantasi, mimpi atau obat-obatan. Planet-planet dalam Pisces butuh saluran yang positif bagi idealisme mereka yang berlebihan. Pisces melambangkan kaki — bagian terendah dari tubuh. Pisces juga berhubungan dengan sistem kekebalan, yang berfungsi untuk melindungi batas-batas tubuh terhadap penyakit. Pisces diatur oleh Neptunus, planet impian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s