Pria & Wanita

“Ayo donk Bang,” kata Fenny lagi, nggak sabaran, “Yang mana yang
keliatan lebih bagus…..yang biru atau yang emas?”

“Kayaknya yang emas deh!” jawab Bambang dengan gugup.

“Emangnya yang biru kenapa?” tuntut Fenny.

“Kamu emang dari dulu nggak pernah suka sama yang Biru! Aku beli
mahal-mahal dan kamu nggak suka, kan?” Bambang dalem hatinya mungkin
udah dongkol, “Kalo nggak mau denger pendapatku, kok tadi nanya!”

Bambang pikir tadi dia disuruh menyelesaikan suatu masalah, tapi
ketika masalahnya sudah ia selesaikan, Fenny malah kesel. Fenny
sebenarnya sedang menggunakan bahasa yang tipikal cewek alias cuman
cewek yang ngerti: bahasa tidak langsung atau kerennya indirect
speech.

Fenny sebenernya udah mutusin mo pake sepatu yang mana dan tidak
sedang minta pendapat; yang dia inginkan adalah konfirmasi dari
Bambang bahwa ia terlihat cantik.

Memang cewek kalo ngomong biasanya menggunakan indirect speech alias
memberikan isyarat tentang apa yang sebenarnya dia inginkan. Tujuannya
adalah untuk menghindari konflik atau konfrontasi sehingga bisa
terjalin hubungan yang harmonis satu sama lain. Indirect speech
biasanya menggunakan kata-kata seperti: ‘kayaknya’, ‘sepertinya’ dan
sebagainya.

Ketika cewek bicara menggunakan indirect speech ke cewek lain, tidak
pernah ada masalah – cewek lain cukup sensitif untuk mengerti maksud
sebenarnya. Tapi, bila dipakai untuk bicara dengan cowok, bisa
berakibat fatal!

Cowok menggunakan bahasa langsung atau direct speech dan mereka
mengambil makna sebenarnya dari apa yang orang lain katakan. Tapi
sebetulnya dengan sedikit kesabaran dan banyak latihan, cowok dan
cewek bisa kok belajar untuk mengerti satu sama lain.

Jadi kembali ke persoalan sepatu biru atau emas, bagaimana solusinya
untuk kaum cowok? Sangatlah penting bagi kaum cowok untuk tidak
memberikan jawaban secara langsung. Bila kita re-wind situasi tadi,
Bambang harusnya bertanya, “Kamu udah milih yang mana, sayang?”

Dan jawaban berikutnya biasanya, “Ehm…..aku pikir aku bisa pake yang
emas…” karena memang pada kenyataannya Fenny udah milih yang emas.

“Kenapa yang emas?” tanya Bambang, sambil tersenyum cerdik.

“Soalnya aku bakal pake asesoris warna emas dan bajuku ada pola
keemasannya”, demikian jawab Fenny.

Bambang kemudian dengan yakin akan bisa menjawab, “Wow!Pilihan kamu
bagus tuh Fen! Kamu bakal keliatan paling cantik nanti!”

Dijamin malam itu Bambang akan sangat bahagia.

Masih inget kan betapa frustasinya manusia terhadap pasangan lain
jenisnya?? Nah tapi sebetulnya dalam hati kita tuh masih butuh
pasangan loh. Apalagi Tuhan sendiri kan yang pernah bilang “Tidak baik
kalau manusia sendirian saja.” Jadi dalam perjalanan hidupnya manusia
terus mencari siapa pasangan yang paling cocok untuk dirinya, supaya
bisa terus bersama-sama dalam jangka waktu yang panjang alias seumur
hidup…

SEBETULNYA APA SIH YANG KITA INGINKAN?

Dalam suatu survey yang melibatkan lebih dari 15 ribu cewek dan cowok
umur 17 – 60 tahun, terungkap apa yang cewek inginkan dari partner
long-termnya dan apa yang cowok pikir cewek inginkan.

A. Yang cewek inginkan:
1. Kepribadian
2. Humor
3. Sensitivitas
4. Kepandaian
5. Bodi yang bagus

B. Yang cowok pikir cewek inginkan:
1. Kepribadian
2. Bodi yang bagus
3. Humor
4. Sensitivitas
5. Wajah yang tampan

Studi ini menunjukkan bahwa cowok sebenernya cukup mengerti apa yang
cewek-cewek inginkan. Sekarang kita lihat apa yang cowok inginkan dan
apa yang cewek pikir cowok inginkan.

C. Yang cowok inginkan:
1. Kepribadian
2. Wajah yang cantik
3. Kepandaian
4. Humor
5. Bodi yang bagus

D. Yang cewek pikir cowok inginkan:
1. Wajah yang cantik
2. Bodi yang bagus
3. Dada yang besar
4. Pantat yang ok
5. Kepribadian

Ternyata cewek kurang tahu kriteria yang cowok-cowok inginkan sebagai
partner hidupnya. Cewek membuat asumsi berdasarkan tingkah laku yang
mereka lihat atau dengar tentang cowok, yaitu cowok yang matanya
terbelalak dan mulutnya terbuka kalau melihat bodi cewek.

Daftar A adalah kriteria jangka pendek dan panjang dari apa yang cewek
inginkan dari pasangannya. Sementara untuk cowok, daftar D adalah apa
yang dia cari pertama kali ketika bertemu dengan cewek, tapi daftar C
adalah apa yang dia cari untuk hubungan
jangka-panjang. Jadi gimana donk???

Jadi bisa disimpulkan kalo cowok-cewek itu memang makhluk paling unik
yang Tuhan ciptakan, dan butuh pengertian dari kedua pihak supaya
komunikasi dan hubungan cintanya bisa langgeng.

Ada beberapa tips khusus nih…

BUAT COWOK:

1. Buatlah lingkungan yang nyaman kalo lagi pengen mesra mesraan.
Cewek sensitif terhadap lingkungannya dan hormon estrogennya
membuatnya sensitif terhadap cahaya. Ruangan yang agak redup membuat
pupil mata mengecil, jadi orang bisa terlihat lebih menarik dan
kulit-kulit yang kurang mulus atau berjerawat tidak jelas terlihat.
Pendengaran cewek yang tajam
berarti perlu musik yang tepat. Tempatnya pun harus bersih, yang tidak
mudah diinterupsi orang lain.

2. Ajak makan
Sejak jaman purbakala cowok sudah bertindak sebagai pencari makan,
maka sewajarnyalah membawa cewek pergi makan bisa membangkitkan
perasaan cewek. Mengajak cewek makan malam adalah peristiwa penting
untuk cewek, walaupun dia sebenarnya nggak laper atau belaga nggak
laper (kan lagi diet!), karena penyediaan makanan menunjukkan
perhatian cowok terhadap kesejahteraan dan kelangsungan hidupnya.

3. Bawalah bunga
Kebanyakan cowok tidak mengerti kekuatan dari seikat bunga segar.
Mereka pikir, “Ngapain ngeluarin uang untuk sesuatu yang bakal mati
dan dibuang dalam beberapa hari?” Lebih logis buat cowok untuk
memberikan pohon dalam pot, karena dengan perhatian dan perawatan,
pohon akan hidup – bahkan bisa dapet untung lagi! Seperti jualan
mangga, duren, dsb. Tapi, cewek tidak
melihatnya seperti ini – dia pengen seikat bunga segar sebagai tanda
bahwa si cowok punya perhatian untuknya. Setelah beberapa hari, memang
bunganya akan mati dan dibuang, tapi ini memberikan kesempatan untuk
si cowok membeli seikat lagi dan memberikan perhatian lagi ke
ceweknya.

4. Bahasa tidak langsung
Indirect speech adalah bagian dari cewek dan untuk membangun hubungan
dengan cewek, cowok perlu mendengarkan dengan efektif, sambil
mengeluarkan ‘bunyi mendengarkan’ seperti “O…,”, “Ehm”, dan bahasa
tubuh yang tepat. Tidak usah memberikan pendapat atau solusi atau
kelihatan bingung. Kalau cewek pengen curhat karena punya masalah,
teknik yang harus dipakai cowok adalah dengan bertanya, “Kamu mau aku
mendengar sebagai cowok atau cewek?” Kalau dia bilang sebagai cewek,
dengarkan aja dan beri dukungan moral. Kalau dia bilang sebagai cowok,
bolehlah tawarkan beberapa solusi.

BUAT CEWEK:

1. Jangan interupsi kalau cowok lagi ngomong. Kalau ingin
berkomunikasi dengan cowok, strategi jitunya adalah jangan
menginterupsi kalau dia sedang berbicara. Sebenarnya ini sulit sekali
untuk cewek, karena buat cewek ngomong rame-rame itu membangun
hubungan dengan sesama dan menunjukkan partisipasi. Cewek juga
terdorong untuk mengalihkan pembicaraan supaya si cowok kagum dengan
pengetahuannya yang luas atau untuk membuat cowok merasa penting.
Padahal kalimat-kalimat yang dikatakan cowok biasanya berorientasi
pada suatu solusi dan dia perlu menyelesaikan kalimatnya, kalau tidak
pembicaraan tersebut akan kehilangan maknanya.

2. Bahasa langsung
Supaya mendapat perhatian dari cowok, beritahukan apa yang ingin
dibicarakan dan kapan, dengan kata lain buatlah agenda. Contohnya:
“Aku ingin bicara sama kamu soal menangani masalah dengan bosku di
kantor. Apakah kita bisa bicara setelah makan jam 7 malam nanti?” Ini
lebih menarik untuk cowok, membuatnya merasa dihargai! Diam saja atau
mengggunakan bahasa tidak langsung hanya akan membuat cowok merasa
disalahkan dan mereka menjadi defensif.

3. Bagaimana memotivasi cowok
Cewek biasanya menggunakan kata “bisa”: “Kamu bisa telpon aku nanti
malam?” “Kamu bisa jemput aku?” Ini akan diterjemahkan cowok sebagai
tantangan apakah dia bisa melakukannya atau tidak, tapi sama sekali
tidak ada komitmen
untuk melakukannya. Mereka kadang merasa dimanipulasi dan terpaksa
memberikan jawaban “ya”. Untuk memotivasi cowok, gunakan pertanyaan
langsung untuk mendapatkan komitmennya. Contohnya, “Nanti malam kamu
telpon aku kan?” menuntut komitmen untuk malam ini dan cowok harus
menjawab “ya” atau
“tidak”.

4. Cowok tidak suka diberi nasihat
Cowok perlu merasa bahwa ia mampu memecahkan masalahnya sendiri.
Mendiskusikan masalah dengan orang lain akan membebani orang tersebut.
Dia bahkan tidak akan menceritakan masalahnya dengan temannya, kecuali
jika dia pikir temannya punya solusi yang lebih baik. Ketika cewek
berusaha membuat cowok menceritakan masalahnya, cowok menolak karena
ia melihatnya sebagai sikap mengkritik, atau ia merasa bahwa cewek itu
menganggapnya tidak kompeten dan ia punya solusi yang lebih baik dari
si cowok. Padahal kenyataannya, maksud si cewek adalah untuk
membuatnya merasa lebih baik dan sama sekali bukan tanda-tanda
kelemahan. Jadi jangan beri nasihat ke cowok kecuali diminta. Katakan
saja bahwa kamu yakin dia mampu menyelesaikan masalahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s